Senin, 23 Maret 2020


PENERIMAAN MAHASISWA PPL DI SEKOLAH MITRA




Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Unit PPL STKIP PGRI Nganjuk sebagai salah satu program praktik yang wajib bagi mahasiswa pada Sekolah Keguruan. PPL yang tahun ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019  diikuti oleh 105 mahasiswa dari lima Program Studi yaitu PPKn, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan IPA. PPL tahun ini melibatkan enam sekolah mitra yaitu SMAN 1 Rejoso, SMAN 2 Nganjuk, SMAN 3 Nganjuk, SMK Negeri 1 Nganjuk, SMK Negeri 2 Nganjuk, dan SMK PGRI 2 Nganjuk. Pada setiap sekolah mitra UPPL memberikan satu dosen pembimbing lapangan (DPL) sebagai penanggungjawab dan juga pendamping selama kegiata PPL berlangsung.

Kegiatan PPL di sekolah diawali dengan penerimaan mahasiswa di sekolah mitra oleh Kepala Sekolah beserta guru dan dihadiri pula oleh DPL masing-masing. Penerimaan mahasiswa di sekolah mitra dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2019 yang bertujuan untuk memberikan pengarahan dan juga perkenalan bagi mahasiswa peserta PPL dengan lingkungan sekolah. Pada acara penerimaan mahasiswa pihak sekolah menyampaikan bahwa dalam pelakasanaan PPL mahasiswa akan dibimbing oleh Guru Mata Pelajaran sesuai dengan bidang mahasiswa atau yang biasa disebut dengan Guru Pamong. Selain itu Kepala Sekolah juga memberikan arahan-arahan yang bersifat umum kepada mahasiswa sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan praktik di sekolah. 

Pihak sekolah dan juga DPL berharap dengan adanya kegiatan PPL ini dapat menjadi sebuah pembelajaran bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia pendidikan di masa yang akan datang dan juga sebagai motivasi bagi mahasiswa untuk selalu melakukan inovasi untuk pendidikan di Indonesia.
Disqus Comments