Rabu, 02 Januari 2019

Deskripsi Program PPL

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Nganjuk merupakan LPTK yang selalu berusaha meningkatkan performa setiap mahasiswa dengan tujuan perbaikan mutu lulusan. Hal ini merupakan sebuah komitmen bagi STKIP PGRI Nganjuk agar setiap lulusan dapat menjadi tenaga profesional di berbagai bidang terutama bidang pendidikan. Sehubungan dengan itu maka diperlukan suatu program yang dapat mengembangkan skill mahasiswa dalam pendidikan pengajaran berupa program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). 
PPL merupakan program yang berada di bawah naungan unit PPL (UPPL). Program ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk pada semester 7. PPL dilaksanakan di sekolah-sekolah mitra mulai sekolah menengah pertama dan menengah atas yang ada di Kota Nganjuk. PPL merupakan salah satu komponen kegiatan kurikuler yang memerlukan keterpaduan antara penguasaan teori dengan praktek. kegiatan tersebut perlu mendapat perhatian yangs erius secara terpadu, terarah dan terbimbing dari berbagai unsur terkait.
Kompetensi dari kemampuan merupakan bekal mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk kegiatan PPL. Dengan melakukan PPL mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi yang profesional sebagai calon guru maupun materi keguruan sebagai bekal pada saat menjadi seorang guru kelak. dalam melaksanakan PPL mahasiswa dapat mengaplikasikan secara terpadu seluruh pengalaman belajar yang didapat selama mengikuti pendidikan di STKIP PGRI Nganjuk.
PPL adalah bagian yang integral dari keseluruhan kurikulum dan merupakan muara dari seluruh kegiatan akademik bidang kependidikan di STKIP PGRI Nganjuk yang berbobot 2 SKS. Dengan demikian tugas utama UPPL adalah memberikan layanan administratif kepada semua mahasiswa yang akan melaksanakan PPL dan semua stakeholders yang terkait langsung dengan pelaksanaan PPL. UPPL berfungsi mengorganisasi, mengkoordinir, dan mengembangkan penyelenggaraan program Praktik Pengalaman Lapangan. Sebagai tenaga kependidikan yang profesional, lulusan STKIP PGRI Nganjuk harus memiliki seperangkat kompetensi yang diperlukan oleh seorang guru/tenaga kependidikan yang profesional serta dapat menerapkan di dalam menyelenggarakan berbagai program kependidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Disqus Comments