Selasa, 27 Oktober 2020

PROGRAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BERAKHIR, MAHASISWA BERSEMANGAT UNTUK KEMBALI KE KAMPUS

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun akademik 2020/2021 resmi berakhir pada tanggal 26 Oktober 2020 dan mahasiswa dengan resmi sudah ditarik kembalui ke kampus melalui kegiatan perpisahan yang dilakukan pada masing-masing sekolah mitra dengan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru pamong, Dosen Pembimbing Lapangn, dan juga mahasiswa. Selama mengikuti program PPL ini mahasiswa banyak sekali mendapatkan bimbingan dari bapak dan ibu guru pamong yang mendampingi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan adanya praktik mengajar secara terbimbing dan mandiri mahasiswa semakin memiliki kepercayaan diri untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan media yang semakin variatif. Dengan berakhirnya program PPL ini bukan berarti silaturrahmi mahasiswa dengan guru dan juga siswa juga berakhir, mahasiswa masih dapat melakukan komunikasi baik dengan guru dan siswa untuk saling berbagi informasi tentang pembelajaran. 

Setelah kegiatan PPL selesai maka mahasiswa masih memiliki kewajiban untuk memenuhi laporan PPL yang menjadi salah satu komponen penilaian PPL mahasiswa selain penilaian kegiatan di sekolah oleh guru pamong dan juga dosen penguji. Mahasiswa menyusun laporan PPL dengan didampingi oleh DPL dan juga UPPL untuk membantu mahasiswa dalam memahami hal-hal apa saja yang perlu dijelasakan di dalam laporan PPL. Laporan PPL tahun ini memiliki perbedaan dengan laporan PPL pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pada PPL tahun ini dilakukan secara daring dan mahasiswa perlu memberikan pelaporan kegiatan secara rutin dan diposting pada Google Classroom yang sudah disediakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dan laporan harian inilah yang perlu ditambahkan pada laporan akhir PPL yang dikumpulkan pada Unit PPL STKIP PGRI Nganjuk.

Dengan berakhirnya program PPL ini maka mahasiswa akan kembali dengan kegiatan rutin perkuliahan yang juga dilakukan secara daring. Mahasiswa dengan semangat tinggi mulai berkonsentrasi kembali dengan persiapan proposal penelitian yang akan dilanjutkan dengan penyusunan skripsi pada semester berikutnya. Mahasiswa dengan bekal ilmu dan pengalaman dari porgram PPL ini dapat menegaplikasikannya pada kegiatan pembelajaran baik pada pembelajaran di sekolah tempat mereka mengajar maupun pada pembelajaran di lembaga bimbingan belajar. 



Disqus Comments