Selasa, 24 Maret 2020


KEGIATAN MONITORING & EVALUASI PPL




Monitoring dan evaluasi atau sering disebut dengan MONEV merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu perkembangan pada sebuah kegiatan baik masalah maupun kelebihan yang ada pada kegiatan tersebut. Hal ini diperlukan agar kegiatan yang dilaksanakan untuk menemukan antisipasi dan pemecahan bagi setiap masalah yang berpotensi muncul pada kegiatan tersebut. Begitu juga dengan kegiatan PPL mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk yang dilaksanakan di enam sekolah mitra di Kota Nganjuk. Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh Ketua STKIP PGRI Nganjuk, Dr. Vera Septi Andrini, MM, Wakil Ketua I, dan perwakilan dari UPPL yang dalam hal ini dihadiri oleh Wakil Kepala Unit PPL. Kegiata ini dilaksanakan pada tanggal 19 September 2019 dengan agenda pertemuan dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Pamong, dan juga mahasiswa peserta PPL. 

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilakukan secara random ke tiga sekolah sebagai sampel yaitu SMAN 2 Nganjuk, SMKN 2 Nganjuk, dan SMAN 1 Rejoso. Dalam proses monev Waket I berinteraksi baik dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan mahasiswa untuk mendapatkan informasi seputar pelaksanaan kegiatan PPL sesuai dengan instrumen yang sudah disiapkan. Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan didapatkan bahwa secara umum kegiatan PPL di sekolah-sekolah mitra berjalan dengan sangat baik. Pihak sekolah sangat mendukung mahasiswa dalam menjalankan program mengajar maupun bimbingan kepada siswa. Selain itu juga mahasiswa dapat diterima dengan baik oleh siswa karena mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk mampu memberikan penjelasan materi dengan sangat baik dan mudah dipahami. 

Dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja UPPL dalam melakukan persiapan terhadap penerjunan mahasiswa ke sekolah-sekolah mitra sehingga dapat meminimalisasi permasalahan yang mungkin timbul selama kegiatan PPL berlangsung. 
Disqus Comments