Rabu, 26 Agustus 2020

PEMBEKALAN PPL TAHUN AKADEMIK 2020/2021: OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19

 

Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa pada seluruh aspek baik di luar maupun dalam negeri. Salah satu aspek yang sangat merasakan dampak dari adanya penyebaran virus Covid-19 adalah aspek pendidikan. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan kebijakan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang pada kondisi normal dilakukan dengan tatap muka secara langsung di kelas, maka untuk untuk saat ini dilakukan secara daring. Hal ini menjadi sebuah wacana tersendiri bagi STKIP PGRI Nganjuk yang merupakan lembaga pendidikan tenaga kependidikan dalam melaksanakan program magang atau Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa semester tujuh. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa pembelajaran dilaksanakan secara daring maka pada pelaksanaan PPL pun mahasiswa juga dituntut untuk siap dalam menyelenggarakan pembelajaran secara daring bagi siswa di sekolah praktik. Dalam mempersiapkan pelaksanaan program PPL ini mahasiswa sudah mendapatkan mata kuliah micro teaching pada semester sebelumnya akan tetapi karena adanya kebijakan baru terkait pelaksanaan pembelajaran secara daring maka mahasiswa mendapatkan pembekalan PPL sebelum terjun ke sekolah praktik untuk mengajar. Terdapat beberapa perbedaan yang kentara pada pembekalan PPL tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya karena memang adanya penyesuaian dengan kondisi dan kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah. 

Berkenaan dengan adanya pembatasan dalam pengumpulan masa, STKIP PGRI Nganjuk melaksanakan pembekalan PPL tahun akademik 2020/2021 secara daring dengan menggunakan media zoom. Acara pembekalan tersebut dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 Juli 2020 dengan diikuti oleh mahasiswa semester tujuh dari lima Program Studi yang ada di STKIP PGRI Nganjuk yaitu Program Studi PPKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan IPA. Seluruh mahasiswa mengikuti rangkaian kegiatan pembekalan yang terbagi ke dalam enam sesi materi dengan baik melalui media zoom. Materi yang diberikan yaitu meliputi penggunaan media Google Classroom di dalam pembelajaran, penggunaan media Zoom, penggunaan media Google Meet, penggunaan media Whatssapp, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan penyusunan laporan PPL. Materi-materi yang diberikan juga memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya di mana materi pada tahun ini lebih merujuk kepada penyelenggaraan pembelajaran daring sehingga materi yang diberikan juga meliputi media-media yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran daring. 

Pembekalan PPL ini juga secara langsung dihadiri oleh Ibu Ketua STKIP PGRI Nganjuk, Ibu Dr. Vera Septi Andrini, MM yang juga memberikan kontribusi sebagai penyampai materi tentang penggunaan Google Classroom. Di dalam sambutannya Ibu Ketua menyampaikan bahwa mahasiswa harus tetap bersemangat dalam menjalankan program PPL ini meskipun harus mengajar secara daring akan tetapi jangan sampai mengurangi antusias dalam mengejar ilmu dan pengalaman sebanyak banyaknya. Beliau juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk dapat menjaga sopan santun dan kooperatif terhadap kebijakan dan program yang ada di sekolah praktik.








Disqus Comments